kampus

pernah kepikiran engga? apa yang membuat sebuah kampus itu hebat? misalnya gini nih.. lu ketemu orang.. wah keren.. ngbrol.. ngobrol.. dan ternyata emang pinter .. berwawasan dan jago di bidang yang digelutinya.. terus katakan dia kampus X. apakah kampus X bagus?

terus… lu ketemu dengan orang lain yang alumni kampus X lagi.. jago.. ketemu alumni kampus X again and again still jago. apakah kampus X kualitas pendidikannya bagus?

dan.. dipikiran lu.. kampus X jago… terus ketemu dengan alumni lagi .. kali ini .. yah sucks.. ” gw masuk X lewat ektensi..”, ” gw masuk X dari master..” err.. ok lah lu cupu. terus lihat IP. wuanjing.. lebih beres dari gw ip-nya jaman kuliah..apakah kampus X bagus?

pertanyaan berlanjut lagi.. apa yang define sebuah kampus itu bagus? atau lebih lagi.. apa yang define sebuah perusahaan bagus? atau sebuah negara itu bagus?

ambil separagraf dari jaman gw kuliah teknik industri. sebuah organisasi bisa lu deskripsikan dari 2 hal besar. orang yang didalamnya dan process yang didalamnya. gampangnya begini .. misal lu koki. nah lu dikasih daging bagus … lu kasih garem dikit.. kecap terus bakar dan daging itu enak. anggap daging itu adalah orang atau input yang masuk ke kampus. next.. lu misal dapet daging sisa.. kasih garem dikit dan kecap terus bakar.. ga enak.  itu artinya input lu jelek… ada yang bisa lu lakuin? kalau lu koki jago.. mungkin bisa lah jadiin kaldu.. terus kasih ke salad what ever.

back to topik, pertarungan antar 2 hal ( people and process) .. akan menghasilka sebuah keseimbangan.. misal .. orang yang jago dan peduli dengan kampus.. mungkin dia bakalan coba buat sebuah process yang bagus. atau sebuah process yang bagus.. engga mungkin bakalan ambil orang jelek.

gimana kalau ternyata .. orang jelek.. process bagus? orang jelek.. bakalan coba buat process yang buruk. misal dikampus.. coba bikin standard mencontek atau push standard nilai rendah( mungkin ga sih dosen kasih nilai C semua?)  intinya sih.. siapa berhasil mempengaruhi siapa.

balik ke kampus lagi. apakah kampus X jelek? gw sulit jawab. gimana misalnya anak ekstensi atau master pada dasarnya daging jelek? gimana.. kalau sebelum masuk X mereka itu lebih buruk?

dari sisi lain.. gimana kalau mereka itu bagus? dan kampus X membuat mereka gagal menjawab soal sederhana? 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s