on illusion

hari ini saya bingung dengan orang2 yang ikut padepokan terus bisa dapet duit. ini yang dateng bukan cuma orang yang pendidikan sekelas smp-sma, ada yang level tinggi tapi percaya beginian juga.

kaget sih engga, wong banyak aja orang yang masih percaya sama omongan sales bank and asuransi.. setor duit segini.. terus ntar tiap bulan nabung segini, nanti pas pensiun punya duit segini plus asuransi.. itung.. itung.. NPV aja engga nyampe.. duit 10 ribu sama duit 10 ribu 30 tahun lagi itu beda jendral.

ilusi.. ilusi dengan duit yang katakanlah 10-40x dari pengasilan bulanan kita, somehow membuat logika kita switch off, dan mulai dengan percaya dengan hal2 supranatural. jaman sma dulu ada guru les yang pengajarannya sesat. jadi begini teori beliau.. misal ada soal mathematik dengan angka 4. dan lu tau ini rumusnya sekitar ada x kuadrat.. hukum pertama dia.. buang semua jawaban yang diatas itu.. kalo sisa satu itu jawabannya, kalo ada lagi.. lanjut.. cari yang angkanya aneh2.. misal 23435 yang telihat acak2an.. karena ini ujian engga pake kalkulator pasti pembuat soal pakai angka2 yg dia bisa kerjakan dalem kepala.. coret lagi.. kalo masih ada jawaban lebih dari satu lagi.. mulai kerjain dengan normal. hhahaha dulu ujian gw dari 15 soal.. yg beneran gw itu cuma 3, sisa nebak, dan bener sekitar 13-14, 90 persen acceptance. haha koplak.

somehow .. ini yang gw pikir terjadi dengan orang2 ini. “ah apa salahnya.. toh cuma 100-1jt perbulan.. dapet sukur ga dapet ya sudah”, tapi.. si empunya padepokan otaknya lumayan licik, dikasihlah umpan2 tertentu.. misal.. orang random dikasih duit banyak, n jadi viral.. orang makin banyak gabung.. oalah pakde.. kalo begini mah mendingan jadi konsultan tax amnesti ajah.

in the end, it is always the grass root who suffers the most. bukan orang2 yang setor ratusan atau milyaran.. mereka mah.. oh ini gagal.. ya sudah venture yang lain. orang2 yang punya dana pensiun.. orang2 yang pinjem keluarga.. orang2 yang bahkan jual sana sini dengan harapan bisa balik ribuan kali..itu yang ke hit paling besar. malu… kesel.. bercampur dan mungkin bisa jadi gila.

anyway sekarang lagi trends nih, kasih duit x bisa balik ratusan sampe ribuan kali. namanya stratup. hahahahaha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s