tipping point..

baru selesai baca ni buku..
ini linknya :
 tipping point dari amazon

anyway.. singkat kata.. buku ini jelasin.. kenapa sih hal-hal kecil bisa membuat gempar pada skala yang mencengangkan? umpama.. kejahatan di new york.. bisa turun 80% dalam setahun.. occult fenisism yang terawal dari buku yg engga laku.., atau yang paling penting.. revolusi amerika yang berawal dari derapan kuda seseorang dipagi buta..

singkatnya dua aja: power of the view sama the power of context. power of the view lebih cenderung ke siapa orangnya?.. dan power of context .. keadaan seperti apa?

contoh awal.. di new york.. ada orang kantoran yang sering di bully di subway. pada suatu hari.. entah kenapa dia bawa beceng ke subway. tanpa intetional apa-apa.., keluar dari kereta.. di minta 10 dollar sama preman setempat… entah kenapa dor der dor.. 5 orang tewas tertembak.
kriminal iyah.. tapi.. awerness terhadap kejahatan di new york meningkat. sampai ada litterary group sok super hero di jalanan.. in which .. jadi another problem for new york. analisisnya dua.. pertama power of view.. si orang kantoran ini representasi umum dari orang new york. coba bayangin kalau yg ditodong bencong.. cuma masuk koran lampu merah itu mah.

next.. context.. keadaan new york kacau, dan ada kejadian seperti ini..membuat reaksinya berlipat ganda. coba bandingkan dengan new york 201* sekarang.. ada kejadian seperti itu..pure criminal, nobody care, dan masuk lampu merah lagi.

buku tebel, betele-tele, serasa dengerin pidato harmoko jelasin harga cabe naek jaman dulu.

dia punya kecenderungan untuk menarik teori2 psikologi untuk mendukung pendapat dia.. tapi.. come on.. semua orang tau maslow itu siapa, tak perlu lah kau habiskan 10 lembar buat jelasin background dia.

kalo gw.. summary.. simple aja..
catch the wave: right people, right time, catch wave.. and make awesome result.

anyway 3 star out of 5

Leave a comment