the great depression?

Keadaan sekarang konon sering dihubungkan dengan jaman-jaman tahun 30-an, bahasa kerennya the great depression, karena tentu saja saya belum lahir pada masa itu, jadi cuma tau dari pilem-pilem. terutamanya pilem siapa itu yang russel crowe jadi petinju cuma buat beli makanan buat keluarganya. dipikir-pikir apa segitunya great depession? ga tau juga, tapi menurut temen udah banyak orang yang bunuh diri gara-gara ni krisis. yang paling hangat tentu saja bunuh dirinya milyuner jerman Aldof Merckle. inget-inget ni nama kayaknya gw nemuin ni nama di remote tv aku dirumah, hehe sori om, I won the door prize fair and square.

Anyhow, about this great depression, jadi inget dulu pernah ikutan kuliah bener-bener ga penting,  seperti temen-temen yang lain pada umumnya, aku ambil kuliah di sastra buat beberapa maksud dan tujuan diantaranya cuci mata dan melihat seorang profesor senior ngomong ga pantas di kelas.  hari pertama .. beliau duduk di meja, terus bilang “presiden kalian itu emang goblok! pelindung maling dan pembunuh massal!”  dan lalu dilanjutkan dengan kata-kata makian yang lain. kita semua cuma bisa tertawa, tapi beberapa orang menganggap ini serius abis dan kabur tak pernah kembali. waktu memang lagi hangat2nya soal masalah lapindo.  beliau ini penuh dengan teori-teori yang mungkin cuma Soekarno yang bisa mendebat dengan pantas dan selevel kata-kata kebinalannya.

Di lain waktu beliau pernah menjelaskan imperialisme modern dan pertarungan antar ras terutama kenapa nuklir adalah hal yang strategis di percaturan dunia. tiba-tiba tunjuk wanita didepan kelas( berjilbab), terus tunjuk cowo satu didepan kelas, “menurut kamu cewe ini cantik?”,” cantik pak” kata si cowo, ” kamu mau ngent**( tanpa sensor!)  dengan ni cewe?”, wah gile bener ni dosen, si cowo seperti anak sastra lainnya tentu diplomatis jawab ginian, “kalau sesuai syariat iya pak”, “nah kamu udah pendekatan, kasih hadiah, sowan kerumah orang tua, tiba-tiba ( sambil tunjuk 5 cowo lagi ) ngegilir ni wanita kamu yang terakhir, gimana?”, wow speechless, yang cewe langsung cabut keluar ruangan. terus dikatain mental tempe.

Dari semua teori yang agak-agak absurd, ada satu yang aku inget bener, dia bilang ” perang dunia II engga pernah soal jepang, jerman yang mencoba menguasai dunia, ini semua lebih condong gimana mengeluarkan dunia dari great depression pada masa itu”. ditambah dengan teori kalau seorang manusia nyawanya terancam, dia akan melakukan seala sesuatu tanpa berpikir untung rugi kembali. semua bergerak kembali dan menciptakan keharmonisan baru.  pabrik-pabrik semua berkerja dengan kapasitas penuh untuk menunjang perang, industri otomotif bergerak menghasilkan mobil2 untuk perang, industri baja memperkerjakan sebanyak mungkin orang untuk menambang, semua ini bekerja dengan upah yang bisa dibilang tidak masuk akal dengan hitungan jaman sekarang. setelah keharmonisan baru tercipta.. perang di hentikan dan semua industri bergerak secara mandiri kembali pada masa sebelum perang.

well.. seperti pada umumnya menarik untuk disimak selanjutnya untuk orang luar, dan sangat-sangat mengerikan untuk orang2 yang terjun di didalemnya.  gut luck buat temen2 di yg ada hubungannya dengan perbankan, sekuritas etc. inget aja disaat2 kesempitan Tuhan selalu memberi jalan yang luas untuk orang-orang yang mau berpikir dan bersyukur.

ganbatte 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s